Sunday 10 May 2009

World Lupus Day 2009

Mungkin banyak yang gatau ya kalau hari ini tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia atau World Lupus Day. hem apa mungkin ada yang belom tau apa sebenernya penyakit itu? Penyakit Systemic Lupus Erythematosus(SLE) atau lebih dikenal dengan Lupus sama bahayanya lho sama Kanker,AIDS, Jantung dan juga bisa mengancam jiwa pengidapnya. Lupus merupakan penyakit kronik/menahun yang dikenal sebagai penyakit autoimun. Hampir seluruh pasien Lupus diserang Organ Vitalnya seperti Ginjal,jantung,paru dll. Mungkin banyak yang mikir kalo Lupus itu penyakit langka tapi padahal jumlah pengidapnya di Indonesia banyak dan terus meningkat. Penyakit ini disebut penyakit seribu wajah, kenapa? karna gejala penyakit ini itu menyerupai penyakit lain mulai dari sakit pada sendi, demam berkepanjangan, cepat capek,ruam pada kulit,anemia, gangguan ginjal,sakit kalo menghirup nafas dalam,bercak merah pada wajah yang berbentuk seprti kupu-kupu(butterfly rash) dan masih banyak lagi. Kalau misalnya ada yang kena 4 dari gejala2 lupus sebaiknya meriksain diri ya. Nah lupus ini menyerang di usia-usia produktif. Bahkan tak sedikit pasiennya yang masih murid SMP,SMA bahkan SD juga ada. Makanya kita sama2 waspada ya dan berusaha mengenali gejala lupus.

Kenapa gue nulis ini? karena ya itu hari ini adalah Hari Lupus Sedunia dan gue ngajak kalian semua marilah kita sama sama waspada sama penyakit ini, tidak menjauhi para pengidapnya tapi men-supportnya. Tante gue juga mengidap penyakit ini dan sampe sekarang masih hidup bersama lupusnya dan mendirikan Yayasan Lupus Indonesia(YLI) dari tahun 1999 walupun sampai sekarang belom ditemukan penyebab pasti dari penyakit ini dan obatnya juga belom ditemuin, semoga segera diketahui biar bisa sama sama mencegahnya dan Odapus(Orang dengan Lupus) bisa sembuh. Nah buat temen2 yang mau tau lebih lanjut hubungin aja:

Yayasan Lupus Indonesia(YLI) Pusat
Jl.Tanah Mas II/H-87,Jakarta Timur 13210
Telp.021-68386897, 47868336 SMS 0818-145211
Fax. 021-47868336
E-mail: yli_indo@yahoo.com
Website: www.lupusindonesia.org

Yayasan Lupus Indonesia akan membantu untuk mnemberikan informasi, ataupun rujukan dokter-dokter pemerhati Lupus.
atau mau nanya gue langsung juga boleh kok comment aja di c-box gue jawab sebisa gue hehe.
Nah kalau mau ikut serta nih malam ini di pelataran parkir RS Kramat 128 diadakan malam renungan hari Lupus dibuka untuk umum loh. ada hiburannya juga dan bisa dapet lebih banyak informasi juga karna bisa nanya langsung sama para pengurus YLI acaranya mulai jam 18.30. ditunggu ya!

0 comments: